Posted by: ppsdms | May 27, 2007

Peringkat Blog ini dan Resikonya

Setelah berjuang meramaikan blog kita ini, akhirnya membawa hasil juga. Beberapa hari yang lalu saya melakukan monitoring terhadap posisi blog ini dalam situs pencari google dengan kata kunci “ppsdms”. Situs utama ppsdms http://www.ppsdms.org jelas selalu menduduki peringkat pertama walau masih ada kemungkinan tergeser oleh kita. Domain situs ppsdms pusat yang bagus memiliki poin yang besar sehingga membuat situs tersebut berada di peringkat satu.

Apa yang saya lihat hari ini merupakan suatu hal yang mengejutkan dan menggembirakan. Situs kita ini berapa pada posisi 3 (2 posisi diatasnya situs ppsdms pusat) jika kita mengetikkan kata kunci “ppsdms” dalam situs pencari google. Artinya apa? setiap orang yang ingin mencari informasi tentang ppsdms, baik itu stakeholder, bapak menteri, para mahasiswa, atau bahkan presiden lewat situs google (kebanyakan gitu), google akan merekomendasikan situs kita di urutan ketiga. Apa resikonya? Jelas kita memiliki tanggungjawab besar untuk menjaga dan merawat situs ini terutama dari segi konten. Bayangkan saja jika misalkan salah satu dewan kita mendapati situs kita ini dalam keadaan yang kurang baik, bahaya juga kan. Untuk itu saya turut mendukung program yang diusulkan dalam artikel sebelumnya, yaitu menulis dengan benar.

Tidak mustahil situs kita direkomendasikan oleh mesin pencari google menjadi nomor satu (di atas situs ppsdms pusat) kedepan jika konten dari blog ini menarik dan berbobot. Dengan kecerdasan robot google bisa diketahui jika seseorang ingin mencari informasi tentang ppsdms, blog inilah yang pantas dijadikan referensi. Jadi, bersemangatlah dalam meramaikan blog ini karena robot google akan senantiasa berputar keliling dunia tanpa hentinya dan mampir di situs kita ini lalu bertanya, “hari ini ada konten baru apa yang bisa masuk dalam gudang data ku? sini aku minta…”. Jangan sampai situs ini menjawab “maaf bang googlebot, hari ni ga ada konten. lagi males ni..”. Maka dengan kecewa bang googlebot manjawab “yaah…kecewa…jangan salahkan aku kalau ada yang butuh info tentang dirimu..”.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: