Posted by: Tri Aji Nugroho | June 21, 2007

Lintasan Pikiran? –> Peradaban?

Bismillahirrahmanirrahim..

Saudaraku sekalian yang dirahmati Allah swt. Masih inget kalau beberapa waktu lalu ane pernah mengatakan tentang lintasan pikiran ini?

Informasi –> Pikiran –> Amal –> Kebiasaan –> Karakter –> Budaya/Kultur –> Peradaban.

(setiap ‘–>’ mewakili peningkatan kuantitas, kualitas, dan sekup tahapan sebelumnya sehingga menghasilkan tahapan selanjutnya). Melihat struktur tahapan peradaban di atas, maka ada hal mendasar yang harus kita perkuat untuk membentuk peradaban tersebut. Untuk membentuk peradaban A, maka informasi A harus ditingkatkan kuantitas, kualitas, maupun sekupnya. Lihat bagaimana peradaban MTV telah menjadi peradaban dunia sekarang? Thanks to Ted Turner (tanggal lahirnya sama gitu sama ane.. sudah menjadi takdir untuk menjadi penguasa media seperti dia sepertinya..Go Aji!).

Ane jadi lebih semangat lagi untuk sharing tentang hal ini setelah ngobrol dengan Kang Ida (semoga rahmat dan berkah Allah swt tercurah kepadanya) tentang kultur korporasi-korporasi besar yang selama ini kita kenal sukses dan telah berumur panjang (sudah pernah baca-rekam buku Heroic leadership belum..?).

Bahwa setiap bangunan besar pastilah terdiri dari komponen dan bagian yang lebih kecil tentunya kita semua sepakat. Entah itu bagian pondasinya, atapnya, dindingnya, atau bisa dilihat dari batu batanya, semennya, ubin/lantainya, dan sebagainya.

Begitu juga bangunan kehidupan dan peradaban kita. Pasti dibangun oleh hal yang lebih kecil lagi dalam detik-detik keseharian kita.

Nah, karena itu, ke-hidup-an dan per-adab-an besar yang ingin kita bangun haruslah kita mulai dengan tahapan yang sesuai. Ada program peradaban yang akan digulirkan minggu ini. Setelah TPD minggu ini kita akan konkritkan.

Program itu adalah Asrama Hikmah. Yaitu : PPSDMS akan kita jadikan sebagai asrama yang penuh dengan hikmah, mulai dari obrolannya, tontonannya, candaannya, saling menasehatinya, dan terutama kata-kata (quote) berhikmahnya. Khusus yang terakhir ini, akan dijadikan program konkritnya. Karena quote yang ditempel itu telah diterapkan di perusahaan-perusahaan besar yang ada. Dan dia bisa menjadi pengingat yang tidak akan lelah.

Untuk itu, silakan bagi antum sekalian memberikan masukan, kira-kira kata-kata apa yang ingin kita jadikan lintasan pikiran kita setiap hari tatkala kita bangun tidur, tatkala kita mau ke kamar kecil, tatkala kita berkumpul di ruang tengah, tatkala kita bermain di taman, tatkala kita berangkat ataupun kita pulang. Sekaligus usulan desainnya juga yang kira-kira bisa menyentuh hati dan menggelorakan semangat untuk bergerak.

Karena kehidupan itu adalah pergerakan, dan pergerakan adalah perubahan.. Dan kita para pemimpin itu, akan memimpin kehidupan, dengan memimpin perubahan tersebut. Lead To Change!

“Itu mungkin! Dan kita bisa melakukannya!”You!


Responses

  1. Frankly, things like quotes and inspiring pictures attached on wall will not give major effects on me. You know, everybody has his own way to burst his spirit, and reading or seeing emotional posters are not mine to make a blast of my energy.

    As for me, I can be easily inspired by movies, mainly touching and war-themed ones. It really really works on me. So, could we some time hold a gathering again to watch that kind of flicks, please?

  2. woi mana comentnya
    kok dikit banget sich…..
    fikri rtajin banget
    fikri smangat ya……….

  3. iya nih fikri semangat betul.
    semangkaaa (semangat kawan)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: