Posted by: ppsdms | July 4, 2007

Tips & Trik Mendapatkan Beasiswa

1. Membuat Kriteria

Hampir sama seperti mencari pacar, perburuan beasiswa kamu perlu dimulai dengan menetapkan kriteria beasiswa yang ingin diikuti. Nah, menetapkan kriteria ini tentunya didasari oleh kebutuhan spesifik kamu. Kriteria ini perlu kamu jabarkan sendiri. Jadi tanyakan pada diri kamu: “Beasiswa seperti apa yang ingin saya ikuti?”. Jawabannya bisa bermacam-macam, dan tidak perlu sama dengan kriteria yang dibuat oleh orang lain.

Beberapa kriterianya sudah saya coba daftarkan di bawah. Kamu bisa menambahkan sendiri yang relevan buat kamu. Atau kalau mau, kamu bisa mengurangi. Contoh, kalau buat kamu negara tempat studi tidak penting, artinya kamu mau kuliah di mana saja, kriteria lokasi bisa kamu abaikan atau dihapus.

Berikut contoh kriteria yang bisa kamu buat:

  • Level pendidikan: Master (S2)
  • Bidang studi: lingkungan (environmental), biologi, manajemen, atau ekonomi.
  • Lokasi studi: Target utama di Eropa, Amerika Serikat atau Jepang. Negara-negara lain, seperti Singapura, China, Canada, dan lain-lain akan saya pertimbangkan, tapi tidak menjadi sasaran utama.
  • Jumlah beasiswa yang diberikan: setidaknya cukup untuk membayar biaya kuliah (tuition and fees).
  • Ikatan dinas: tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa yang ada ikatan dinasnya.
  • Tambahkan kriteria lain yang kamu rasa perlu.

2. Menentukan Fokus

Dengan adanya kriteria di atas, kamu telah mempersempit pilihan kamu. Tentu saja ini bisa berakibat kamu tidak mengetahui adanya beasiswa yang lain di luar kriteria yang sudah kamu buat. Tapi di sisi lain, ini menolong kamu untuk fokus atas beasiswa-beasiswa yang sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk kriteria yang dibuat di atas, pilihannya tentu saja jelas. Kamu ingin kuliah di negara Eropa dengan bidang studi yang telah kamu pertimbangkan di atas. Fokusnya sekarang menjadi jelas. Kamu tidak perlu, untuk sementara ini, mencari informasi beasiswa dari negara Singapura, walaupun mungkin beasiswa untuk studi manajemen tersedia. Karena kamu telah menetapkan kamu tidak ingin kuliah di Singapura, kamu bisa fokus untuk mencari peluang beasiswa di negara-negara yang telah kamu tetapkan tersebut.

3. Mencari Informasi Beasiswa yang Relevan

Untuk mencari informasi beasiswa yang sesuai dengan fokus kamu di atas, ada dua cara:

  • Mengunjungi website kumpulan informasi beasiswa. Di dunia maya, sudah banyak sekali website yang dibuat untuk mengumpulkan informasi beasiswa, baik untuk dalam negeri, maupun internasional. Website milis beasiswa yang beralamat di www.milisbeasiswa.com adalah salah satunya. Mulai dari informasi beasiswa non-degree (seperti kompetisi esai, travel grant, dll) hingga informasi beasiswa S1, S2 dan S3 tersedia di sini tanpa dibatasi.
  • Berlangganan informasi beasiswa lewat email. Contohnya adalah milis beasiswa dan newsletter beasiswaku. Perbedaan keduanya ada pada bentuk interaksinya. Milis beasiswa adalah forum diskusi dimana semua member dapat mengirimkan informasi dan / atau pertanyaan ke alamat milis tersebut. Moderator bertugas untuk menyaring email-email yang masuk sehingga hanya email-email yang relevan dan mempunyai nilai berita yang dibiarkan sampai ke mailbox para anggotanya. Newsletter beasiswa bersifat satu arah. Ini artinya seluruh informasi beasiswa yang ada di newsletter tersebut dikirimkan oleh moderator. Member tidak dapat mengirimkan pertanyaannya ke newsletter tersebut. Kedua format ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda. Contoh: karena jumlah anggota milis beasiswa sudah sangat besar, jumlah email yang dikirim via milis beasiswa pun sudah cukup tinggi. Ada pelanggan yang tidak mau kebanjiran email di mailbox nya dan hanya menginginkan informasi yang relevan. Untuk pelanggan tipe ini, newsletter adalah format yang terbaik. Tetapi bagi pelanggan yang mau berdiskusi dengan orang-orang yang telah mendapatkan beasiswa sebelumnya, mungkin format milis adalah yang terbarik. Sesuasikan format yang kamu pilih dengan kebutuhan kamu.
  • Mencari lewat situs pencari (search engine). Dibandingkan dengan dua cara yang disebutkan sebelumnya, cara inilah yang paling aktif. Artinya, kamu melakukan sedikit lebih banyak usaha, seperti menentukan kata-kata kunci (keywords) yang ingin kamu cari, memilah-milah hasil pencarian yang sesuai, dan membaca informasi tersebut. Situs pencarian favorit saya adalah Google. Untuk mencari beasiswa tentang lingkungan di Amerika Serikat misalnya, saya akan menuliskan keywords berikut: “environmental” “scholarship” “united states”.
  • Membaca informasi di media cetak. Informasi beasiswa yang muncul di media cetak sifatnya tidak tentu. Kamu tidak bisa memastikan kapan informasi beasiswa tersebut muncul dan di media mana dia akan muncul. Karena itu, sifat pencarian beasiswa lewat media cetak ini pasif. Tentu saja kamu perlu aktif mencari beasiswa yang kamu inginkan, karena itu jangan terlalu bergantung pada media cetak.

4. Pilih Beasiswa yang Paling Sesuai

Semua informasi beasiswa yang kamu kumpulkan itu, tentu saja masing-masing mempunyai persyaratannya sendiri-sendiri. Ada beasiswa yang mewajibkan kamu kembali ke negara asal kamu misalnya, tetapi beasiswa lain mungkin tidak mewajibkan hal itu. Ada beasiswa yang hanya diberikan untuk bidang studi sosial, tapi beasiswa lain mungkin bisa digunakan untuk bidang studi yang lebih umum. Ada beasiswa yang mewajibkan kamu untuk mendapatkan surat penerimaan (acceptance letter) terlebih dahulu, tapi ada juga beasiswa lain yang tidak mensyaratkan hal tersebut. Pilihlah beasiswa yang sesuai dengan keinginan kamu.

Penting: kamu perlu membaca persyaratan suatu beasiswa dengan benar dan pastikan kamu mengerti persyaratan yang dibutuhkan.

5. Persiapkan Syarat-Syarat yang Dibutuhkan

Berbagai persyaratan yang mungkin diminta adalah sebagai berikut:

  • Hasil test TOEFL / IELTS
  • Hasil test GMAT / GRE
  • Pengalaman kerja
  • Surat rekomendasi dari dosen di pendidikan kamu terdahulu atau atasan kamu di tempat kerja
  • Acceptance letter dari universitas yang kamu tuju
  • Surat rekomendasi dari dosen di universitas yang akan menerima kamu
  • Esai (statement of purpose, motivation statement)
  • dan lain-lain…

Pastikan semua persyaratan tersebut kamu penuhi tanpa ada yang tidak. Ingatlah bahwa persaingan untuk mendapatkan beasiswa cukup tinggi. Agar tingkat kemungkinan kamu diterima semakin tinggi, tentu saja kamu harus memastikan semua persyaratan dipenuhi dengan baik. “Dengan baik” di sini artinya dikerjakan dengan sempurna. Contohnya, untuk menulis esai statement of purpose, kamu harus mengikuti beberapa kaidah tertentu. Kaidah-kaidah dan langkah-langkah penulisan esai yang baik itu dapat dibaca di buku “Kiat Memenangkan Beasiswa”

Kelima langkah dasar beasiswa a la Togap Siagian ini hanyalah langkah-langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk memulai proses pencarian beasiswa kamu. Dengan langkah-langkah yang disebutkan di sini, proses pencarian beasiswa kamu akan dapat kamu lakukan dengan lebih baik.


Responses

  1. “Hampir sama seperti mencari pacar … ”

    Maksudnya ???

  2. Bicara memang mudah bagi kalian semua !

  3. @ Kyoshiru Mibu, whoever you are:

    Saya gak tahu apa masalah Anda, sehingga berbicara pun sulit bagi Anda. Tapi kalo menurut Anda informasi di atas tidak berguna, itu urusan Anda. Yang jelas, komentar Anda-lah yang benar-benar tidak berguna. Gak jelas apa maksudnya.

  4. Sama saya juga gak tau maksudnya si mibu apa..Cuma yang pasti tidak ada yang percuma dengan yang namanya usaha…Kalo anda memang berkata kita mudah untuk berbicara..coba buktikan langkah kongkret dari anda apapun bentuknya…

    Kalo soal bicara sih, anak2 juga bisa

  5. mas yang berwenang tolong agar pertanyaan saya ini bisa dijawab
    1. gimana bila saya orang yang memiliki motivasi yang tinggi, tetapi IPK saya jurang dari 3,00 waktu kuliah S1 saya.
    2. bagaimana kalau saya juga memiliki penyakit, seperti diabetes, penakit tersebut apakah akan menjadi penghalang bagi saya untuk mendapatkan kesempatan belajar dengan memperoleh beasiswa?
    tolong langsung dijawab ke e-mail saya. terima kasih

    • maaf ya saya numpang jawab pertannyaannya bro durabat,
      1. kalau IPK kamu 3.00 maka kemungkinan besar kamu akan gagal di seleksi administrasi. kecuali mungkin kamu punya relasi disana. jadi sebaiknya cari beasiswa lain yang mensyaratkan IPK lebih rndah. saya bukan mau menjatuhkan mental lho…

      2. kalau anda punya penyakit kronis seperti diabeter maka itu akan menjadi penghalang anda karena para sponsor beasiswa biasanya menginginkan hasil baik dari medical check up agar grantee bisa konsentrasi belajar disana

  6. kyshiro mibu???

    itu kan yg ada di samurai deeper kyo

    orangnya baik,, lucu lagi,,

    kamunya jahat..

    jangan pake nama itu.. gag boleh.. gag cocok!!!

    elek kamu

    wawiiiis…

  7. Thanx ya atas info nya. Sumpeh gw ngedapetin ilmu yang sangat berguna bagi gw. tapi…bisa gak ngasih info tentang lembaga2 yang biasa ngasih beasiswa sekaligus cara-cara atau tahapan2 pengajuannya. Thanx ya…

  8. Thanxz for all info

  9. Jika Butuh informasi lain mengenai beasiswa dapat di lihat di http://about-scholarship.blogspot.com atau http://school-scholarship.blogspot.com … Mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat ….

  10. TERIMA KASIH ATAS SEMUANYAA

  11. thanksssssssssssss bE4 informasinya,,,,I hope,,,saya dapat menjalankan kiat2 tsb. doainya gar successs ni,,,,muaaaaaah

  12. cool abezzzz,,, pnen dech masuk k perguruan tinggi lewat beasiswa,,, klu bisa ada fom langsung gtu donk ttg beasiswa yang ada,,, thanx!!! ^_^ Chie

  13. Tolong bantuin sy criin beasiswa donk,sy dah stu tahun tdk mlanjtkn kuliah krn mslh biaya..tlng ksh tw y..dan ksh trik dan tipsnya bagaimana mbwt essay bwt pengajuan beasiswa dan pas interviewnya??
    Bantuin donk…

  14. duh..ada kah info beasiswa buat S1,sy lg cari,sy msh SMA..tp aq msh bingung kmana sy hrus nerusin,dan beasiswa apa?duh..skrng aq klz 3 lg..

  15. […] https://ppsdms.wordpress.com/2007/07/…tkan-beasiswa/ […]

  16. Saya msh kuliah,skrg udah msuk smster 6..Kira2 persiapan apa yg harus sy lakukan agar bs dpt beasswa dluar negeri??Mksh
    jwbny k email sy aj y..

  17. HuffH…..
    Pngen Bgt kuliah d luar negri….
    pa lagi klw dapet beasiswa….
    tp kl otak pas-pas’n…
    mang bisa??????

  18. Tip and trik na oye abz..au kan bentr ge mo lu2s tpi au bngung mo kulyah ga da byaya mo kerja lwöngan dkit..
    Tys gmn..?
    Cbnre aukan mo nrusin kulyah tpi gmn bsa d4tn beasiswa na dmn tmpt na n gmna cra d4tin na..?
    Tlong jwab ndx e-mail au za ya..
    Thank..

  19. hallo butuh bantuannya nih..saya sekarang sedang melanjutkan study di Jerman , ngambil kuliah informatika..kemrn ditawari beasiswa sama koordinator jurusan..tapi binggung giman buat letter motivation yg baik in english..kalo ada yg mau membantu..akan sangat senang sekali trimaksh sebelumnya

  20. Ass. Sy bru wisuda, pengen lanjutin k S2 dgn beasiswa penuh. But mslhnya sy dri PTS yg blm terakreditasi N blm pux nilai TOEFL & IELT berhubung krn sy tinggal di daerah sngt terpencil. Untuk mengakses internet aj sy harus menempuh perjalanan jauh. Mohon saran2nya n tlg dikrim langsung ke email sy.

  21. Tolong kalau ada pendaftaran hub saya terus terang saya kurang mendapatkan informasi mengenai beasiswa tlg tlp saya d 081355913600 atau (0411)444-564 ngak usah terlalu jauh di UNHAS aja udah Cukup key………………………….

  22. hm. 10x ))

  23. i.allah tgl 19 agustus sy sidang. infonya bln september sdh dapat ijasah semetara. kl daftar beasiswa pake ijasah sementara tu boleh gk? trus kl ada beasiswa cocok buat sy tlg kasih tau y, buat siapapun… sy kuls1 di jurusan pendidikan biologi…kira2 s2nya jurusan apa yg cocok buat sy?

  24. pengen bgt nih dapet besiswa S2, tapi rata2 syarat buat peserta klo ga PNS, dosen ato yg bidang profesional.. lah klo pegawai swasta biasa kayaknya kecil bgt peluangnya…😦

    — mo yg asik buat mobile-mu? Akses visit http://m.rujakasik.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: