Posted by: dhimasln | August 18, 2009

Menyambut Ramadhan 1430 H “Raih Bekal Taqwa Untuk Kebangkitan Diri dan Umat”

Segenap keluarga besar PPSDMS regional Bandung mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf apabila ada kesalahan yang pernah kami perbuat (^^)

——————————————-

berikut ngopy paste dari surat edaran PPSDMS pusat

MENYAMBUT RAMADHAN 1430 H

“Raih Bekal Taqwa Untuk Kebangkitan Diri dan Umat”

Ahlan wa Sahlan yaa Ramadhan, Syahru Shiyam, Syahrul Qur-an, Syahrut Tarbiyah, Syahrul Jihad dan Syahrur Rahmah.

Dalam hitungan hari, tak lama lagi bulan Ramadhan 1430 H tiba. Di tengah kondisi umat Islam khususnya kita di negeri ini yang semakin disudutkan melalui isu terorisme yang belakang memanas, kehadiran Ramadhan 1430 H memiliki makna yang teramat penting. Termasuk pula, kehadiran Ramadhan 1430 H yang bertepatan dengan pertengahan periode pembinaan peserta PPSDMS angkatan IV.

Kita berharap, Ramadhan kali ini dapat menghidupkan kembali semangat juang dalam menebarkan Rahmat Islam ke semesta alam sekalipun banyak manusia yang tidak menginginkannya. Ramadhan, dengan segala kemuliaan di dalamnya, merupakan sarana terbaik yang telah dianugrahkan kepada Allah untuk mencapai tujuan tersebut. Di dalamnya, telah disediakan terminal-terminal ruhiyah, kolam-kolam pahala, ruangruang ibadah yang bertebaran di setiap hari, jam bahkan detik-detik Ramadhan.

Sementara, selepas dari Ramadhan 1430 H nanti, telah terbentang medan amal yang menanti untuk diisi dengan sebaik-baiknya. Tempat kita untuk menunjukkan eksistensi umat demi meraih kembali kegemilangan Islam yang dijanjikan. Tanpa perbekalan yang cukup, perjalanan itu akan mudah surut bahkan terhenti di tengah jalan. Oleh karena itu kita perlu bekal, dan sebaik-baik bekal adalah: taqwa.

…. Berbekallah, dan Sesungguhnya Sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku Hai orangorang yang berakal. (Q.S. Al Baqarah: 197)

Sebagaimana shaum Ramadhan yang telah diwajibkan oleh Allah kepada orang-orang beriman agar memperoleh ketaqwaan, maka dengan ketaqwaan itu pulalah bekal terbaik untuk menjalani kehidupan ini termasuk meraih kembali kegemilangan umat dapat diperoleh. Karenanya, di Ramadhan 1430 H ini, marilah kita “Raih Bekal Taqwa untuk Kebangkitan Diri dan Umat”.

Terkait dengan hal tersebut kami mengajak segenap keluarga besar PPSDMS di seluruh Regional untuk :

1. Mengadakan Tarhib Ramadhan pada hari-hari yang tersisa sebelum datangnya bulan Ramadhan, dengan berbagai aktifitas kolektif yang mencerminkan keceriaan dan kegembiraan orang-orang beriman dalam menyambut kedatangan sang tamu agung.

2. Melaksanakan ibadah shaum dengan sepenuh kesungguhan, berupaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitasnya dengan memperhatikan segala adab serta sunnah-sunnahnya.

3. Menghidupkan Ramadhan dengan shalat tarawih, tilawah Al Qur-an, memperbanyak dzikir dan do’a, serta menunaikan zakat, infak dan shadaqoh, dan kemudian menggapai puncak prestasi Ramadhan dengan melakukan ‘itikaaf pada sepuluh hari terakhir (asyrul awakhir) seoptimal mungkin sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

4. Melakukan muhasabah terhadap langkah-langkah yang telah kita perbuat selama setahun yang telah berlalu sambil tak lupa untuk menata kembali rencana-rencana masa depan baik pribadi maupun kolektif (seluruh peserta PPSDMS di masing-masing regional) khususnya dalam menyongsong kesuksesan Pembinaan PPSDMS angkatan ke IV di sisa 1 tahun ke depan.

5. Senantiasa menjaga dan menguatkan jalinan tali silaturahim di antara para peserta PPSDMS, Pengurus Regional, Tim Pembinaan, Dewan Penasihat dan Dewan Penyantun, Alumni, tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh dakwah setempat, serta segenap stakeholders PPSDMS di Regional masing-masing dengan menyelenggarakan ifthar jama’iy (berbuka puasa bersama), menyampaikan ucapan selamat ‘Idul Fitri 1430 H melalui kartu ucapan, email, SMS, dan beragam kegiatan lainnya yang dimungkinkan sesuai dengan situasi dan kondisi di masing-masing Regional.

6. Libur resmi ‘Idul Fitri untuk peserta PPSDMS angkatan IV ditetapkan mulai Senin, 14 September 2009 sampai dengan Ahad 27 September 2009.

7. Terkait dengan libur resmi ‘Idul Fitri para Manajer Asrama bertanggungjawab untuk memastikan berfungsinya suatu mekanisme pengamanan mandiri terhadap asrama PPSDMS, berikut aset-aset yang terdapat di dalamnya, dan lingkungan sekitarnya, dengan melibatkan para peserta PPSDMS secara bergotong-royong.

Semoga Allah SWT senantiasa menerima shaum kita dan seluruh amal shalih lainnya. Semoga pula surat edaran ini dapat memperkuat semangat juang kita bagi terwujudnya Indonesia yang lebih baik dan bermartabat dalam curahan kebaikan dari Allah-Pencipta alam semesta. Amin.

Jakarta, 26 Sya’ban 1430 H

18 Agustus 2009 M

PENGURUS PUSAT
PROGRAM PEMBINAAN SDM STRATEGIS


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: